October 11, 2017

Menanam Pohon Pisang

pisang raja merah
Bagi yang suka berkebun ini perlu dipertimbangkan, dengan menanam pohon pisang, berarti kebon anda semakin bermanfaat baik bagi diri anda maupun bagi orang lain. Karena sekali menanam pohon pisang anda gak perlu nanam lagi, karena pohon pisang itu sebelum berbuah saja sudah beranak. Berbeda dengan berternak ayam (chicken farm) atau beternak puyuh, beranaknya pasti sesudah bertelor. Memang kalau dari sisi waktu beranaknya sebenarnya sama, yaitu 6 bulan. Sedangkan waktu berbuahnya berbeda. Karena kan ayam sudah berbuah (red: bertelor) dulu sebelum punya anak.





Selain buahnya pisang itu banyak manfaatnya, coba search di internet. Pisang itu dari mulai bonggolnya sampai dengan batang dan daunya bisa dimanfaatkan. Manfaat daun pisang sudah jelas bisa buat membungkus misal bungkus dalam membuat tempe atau sebagai lemek makanan coba sekali kali makan lesehan dengan amparan daun pisang. Batang pisang manfaatnya sangat banyak, kalau dulu sewaktu banyak yang nanggap wayang kulit atau wayang golek, para dalang ini menggunakan batang pohon pisang untuk menancapkan wayangnya. Dan batang pisang yang sekarang ini bahkan saya dengar bisa dimasak, di Amerika harganya bahkan mahal sekali di Supermarket. Bonggol pisang banyak dimanfaatkan dalam membuat campuran media menanam jamur merang. Jadi kalau mau semua dimanfaatkan bisa kekurangan pohon nantinya.

Jenis jenis pohon pisang tentunya sangat banyak, anda bisa pilih dari yang pohonnya pendek, atau pohonya bisa sampai 3 m tingginya dan buahya sangat mantap dan besar, seperti pisang merah. Coba seach di internet karena saya sudah menanam pohon pisang raja merah. Rasanya memang wow tapi perasaan dipasaran gak ada yang jual pisang raja merah ya.

Labels: