July 22, 2009

Total Eclipse

Gerhana matahari total terjadi hari ini diseluruh bumi, hanya yang bisa melihat efek gerhananya hanya di belahan utara saja. Jadi lebih banyak di sebelah utara bagian katulistiwa yang bisa melihat dengan jelas peristiwa ini. Sedangkan yang tinggal di daerah katulistiwa dan di sebelah selatan katulistiwa tidak bisa melihat peristiwa ini.

Gerhana matahari total kali ini terjadi secara beruntun, jadi gerhana ini terjadi pada tanggal 22 juli 2009 atau hari ini, dan nanti akan terjadi lagi pada tanggal 1 agustus 2009. Gerhana matahari secara maraton ini baru terjadi kali ini. Seperti di Indonesia untuk daerah seperti saya misalnya pada hari ini tanggal 22 juli 2009 jam 9:50 pagi belum terlihat adanya tanda tanda terjadi gerhana matahari ini. Mungkin nanti sebentar lagi bisa terlihat.....

Gerhana matahari adalah peristiwa tertutupnya sinar matahari yang terpancar karena adanya bulan yang persis satu garis dengan bumi. Pada saat gerhana apapun maka akan terjadi penyatuan gaya gravitasi antara bumi - bulan - matahari, sehingga biasanya akan terjadi pasang air laut dan peristiwa alam yang lain yang dipengaruhi oleh efek ini.

 Artikel Lainnya: