November 26, 2009

Lebaran Haji Tahun 2009

Lebaran haji atau Idul Adha tahun 2009 sudah bisa dipastikan jatuh pada hari Jum'at 27 November 2009. Hari Jum'at di kalender nasional memang tanggal merah dan kebetulan pas dengan hari raya idul adha tapi kalau diperhatikan sebetulnya tanggal merah ini dipaspasin dengan hari Jum'at biar liburnya 3 hari, kalau diperhatikan tanggal arabnya tidak menunjukkan tanggal 10 zulhijah di kalender tapi tanggal 11 zulhijah, kebetulan saja tanggal 10 zulhijah benerannya mundur 1 hari jadi pas hari Jum'at. Demikian juga kalender lebaran yang lalu, tanggal merahnya pas hari senin dan selasa, tapi kalau diperhatikan lebih detail, hari Senin itu tanggal 3 Syawal bukan 1 Syawal, jadi udah dipasin dengan kalender nasional biar liburnya panjang kan lebaran. Dan ternyata1 Syawal tahun 1430 H jatuh di hari Minggunya tanggal 20 September 2009 yang menurut kalender nasional kita tanggal 2 syawal.

Lebaran haji identik dengan hari raya kurban, dimana sebagai umat manusia kita mempunyai kewajiban berkorban untuk dipersembahkan kepada Allah Subhanahu Wataallah, tentu saja bagi yang mampu. Tapi berkurban untuk Allah menurutku harus diada adain, buat apa hartamu, itu semua milikNya. Bahkan nabi ibrahim memberikan anaknya tercinta, subhanallah.....

Para jemaah haji kali ini akan berkumpul di padang arofah pada tanggal 9 zulhijah, dan harus berada di padang arofah dari waktu asyar sampai magrib, jika terlewat maka tiada haji baginya. Jadi istilah lainnya hajinya batal. Yang lainnya bisa dilakukan tidak tepat waktu atau diwakilkan tetapi pada tanggal tersebut semua jemaah haji harus hadir di padang arofah dengan pakaian ikhram. Bagi yang sakit bisa dilewatkan dengan naik ambulan, jemah indonesia kali ini ada sekitar 140 orang yang harus dibawa pakai ambulan ke padang arofah, guna mengambil kesempatan waktu wukuf, asyar hingga menjelang maghrib.