August 3, 2009

Agrobisnis Integrasi

Kalau petani kita paham tentang bagaimana membudidayakan tanah pertaniannya, mungkin mereka sudah kaya raya, karena saat ini banyak dibutuhkan produknya oleh masyarakat luas bahkan bisa menjadi produk andalah eksport. Tapi masalahnya petani petani tidak ada yang membimbing, tidak ada program dari pemerintah guna menangani masalah bisnis agro industri di Pertanian.

Petani jamur merang di purwakarta saja masih menggunakan cara cara tradisional dalam mengelola bisnis mereka, jadi gak ada yang mengembangkan bagaimana agar produk mereka selelu besar. Bisnis jamur merang ini sebenarnya bukan bisnis sembarangan, karena nilai konversinya luar biasa, bayangkan saja dari 1 butir jamur merang kalau dibuat bibit bisa menjadi 400 ribu polybag bibit jamur. Dari 400 ribu polibag bisa di tanam dalam kumbung tradisional per 200 polibag bisa menghasilkan 150 kg jamur merang. Tapi ilmunya jelas bukan sembarangan, sarjana pertanianpun belum tentu mampu menerapkan teknologi kultur jaringan ini.

Jadi disinilah sebenarnya ilmu petani dengan kuasa Allah Swt telah memberi petunjuk pada umatnya akan kehebatan ilmu pertanian yang dicontohkan dalam budidaya jamur merang misalnya.

Sebenernya sih bukan hanya itu, contoh yang lain bisa sangat ajaib, misal budidaya belut, budidaya ikan seperti ikan gurameh, ikan betutu dlsb., budidaya cacing dan lain sebagainya, yang semuanya itu mirip dengan ilmu teori Einstein dalam menciptakan Energy.

Artikel Lainnya: