August 27, 2009

Super Glue dan Power Glue

Lem Super glue atau power glue dikatakan demikian karena bukan saja mempunyai kekuatan yang super atau kecepatan dalam mengelem tapi juga karena kegunaannya yang multi purpose dari lem jenis ini.

Superglue dibuat dari bahan kimia cyanoacrylate yang bersenyawa dengan methyl atau ethyl, yang jadi dibedakan nama produk yang satu namanya superglue sedangkan yang satunya lagi disebut sebagai powerglue.





Dalam pemakaian biasa superglue sudah mempunyai fungsi yang banyak, biasa digunakan pada para pehobi model kit, seperti mobil mobilan dan pesawat. Juga digunakan pada keadaan darurat seperti di bengkel dan electronic. Bahkan saya sendiri juga pernah mengelem bagian fan prosesor komputer yang sudah rusak bagian kakinya sehingga gak bisa ngunci lagi. Terpaksa di lem saja dari pada diganti harus nyari di toko, karena fan procesor ini kalau gak rapat akan menyebabkan komputer shut down terus atau mati sendiri gak bisa dihidupin. Tapi sudah 2 tahun masih belum ganti tuh komputernya......

Selain fungsi fungsi biasa tersebut, superglue ini digunakan di kedokteran dalam mengelem bagian organ yang ingin disatukan karena bisa berfungsi walaupun bahan yang akan dilem basah. Juga di dunia penerbangan superglue ini digunakan untuk mengelem bagian pesawat yang kecil kecil dengan menambahkan filer baking soda kedalam superglue.

Didunia forensik untuk kebutuhan dalam penyelidikan suatu kriminal, superglue ini bisa berguna dalam mendeteksi sidik jari seseorang yang tidak kelihatan yang menempel di plastik dan kaca yang permukaannya halus.

Artikel lainnya: